Menjadi Mahasiswa Jurnalistiik



                   Dikutip dari  Komunikasipraktis.com Jurnalistik ialah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana  teknik dan proses, yang berkenaaan dengan penulisan berita hingga sampai ke media massa elektronik maupun cetak. Menjadi mahasiswa Jurnalistik tentunya kita dituntut untuk lebih peka dan peduli terhadap fenomena-fenomena sosial yang terjadi di lingkungan kita. Dan juga menjadi mahasiswa jurnalistik tentunya membuat kita menjadi lebih dekat dengan media.
                  Mahasiswa jurnalistik pasti menghadapi berondolan pertanyaan saat akan memilih jurusan dan konsentrasi ini, masuk jurnalistik nantinya kerja apa ya? Atau kok mau sih masuk jurnalistik wartawan kan gajinya kecil? Weew pertanyaan-pertanyaan seperti ini biasanya terlontar dari orang-orang terdekat yang khawatir sama kita bakalan punya masa depan miskin dengan menjadi mahasiswa jurnalistik, karena memang realita saat ini kita lihat gaji wartawan tidak seberapa yah boleh dibilang pas-pasan, bahkan pemilik media online yang saat itu kami wawancara demi memenuhi tugas saja, menganjurkan untuk tidak  memilih jurusan ini menjadi pemilik medianya saja  cuma cukup untuk makan katanya, Ironis dengan pekerjaannya yang menuntut kita harus stay selama 24 jam untuk mencari berita. Mungkin itu sekilas tentang profesi reporter ataupun wartawan.
                  Tetapi ketahuilah menjadi mahasiswa jurnalistik adalah panggilan jiwa, mahasiswa yang kritis, kepo,suka menulis, suka terhadap tantangan sangat cocok ada di jurusan atau peminatan ini, mahasiswa Jurnalistik harus bangga karena hanya orang-orang terpilihlah yang masuk dan berkutat dengan berita dan selalu dapat info terbaru karena sejalan dengan mata kuliah yang di pelajari. Seperti teknik wawancara, bahasa jurnalistik, jurnalistik foto, penulisan berita dan lain-lain.
                  Kita juga bisa bertemu dengan orang-orang banyak dan juga pergi kebanyak tempat, mengetahui hal-hal yang banyak orang lain belum ketahui, Asyik! Bukan hanya itu di Jurnalistik kita juga belajar mendesain majalah, koran, cover, pampflet iklan dan lain-lain dengan mata kuliahnya yaitu komunikasi grafis disaat mahasiswa lainnya mengerjakan tugas yang berbentuk makalah, analisis, atau laporan praktikum lab, nah mahasiswa jurnalistik tugas-tugasnya berbeda, menulis berita, mendesain cover majalah, liputan live report, foto jurnalistik, dan mewawancarai orang sangat asyik bukan?
                 

        

Komentar